Ads

Perkembangan Peserta Didik Berdasarkan Hukum Pertumbuhan & Perkembangan

Jika peserta didik ditinjau melalui hukum "pertumbuhan" dan "perkembangan", maka menarik untuk melihat bagaimana rumusan yang diungkapkan Kitab Suci (Alkitab) Perjanjian Baru (PB).

Dalam hal ini, penulis injil Lukas, sudah terlebih dahulu menuliskan hal yang mendalam untuk memahami perkembangan dan pertumbuhan peserta didik ini—yaitu dengan menggambarkan pertumbuhan Yesus Kristus dari sisi kemanusiaan-Nya yang sempurna—psikis dan fisik.

Sebagaimana dituliskan...

“Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia”. (Lukas 2: 52).
Terdapat kurang lebihnya 4 (empat) aspek penting yang terkandung dalam hukum perkembangan dan pertumbuhan melalui ayat di atas, yaitu sebagai berikut:

1. Dia bertambah "besar" (pertumbuhan Psikomotorik-fisik)
2. Dia bertambah "hikmat"-Nya (pertumbuhan Kognitif-intelektual)
3. Dia makin "dikasihi Allah" (pertumbuhan Afektif-moral rohani)
4. Dia makin "dikasihi manusia" (pertumbuhan Bahasa, Sosial)

Berdasarkan ayat di atas, hukum perkembangan peserta didik dapat diklasifikasikan lagi menjadi 5 (lima) kategori besar, yaitu: (1) perkembangan Psikomotorik, 2) perkembangan Kognitif, (3) perkembangan Afektif, (4) perkembangan Bahasa, serta (5) perkembangan Sosial

Menurut Hendricks G Howard (2011) dalam Busthan Abdy (2017:29), pertumbuhan rohani dalam hal ini afektif, hanyalah satu bagian dari keadaan yang lebih menyeluruh. Pertumbuhan rohani tidak boleh menjadi satu-satunya pertumbuhan yang diperhatikan. Sebab pertumbuhan rohani tidak dapat dikotakkan tersendiri, tetapi haruslah menyatu dengan semua aspek kehidupan lainnya. Disinilah kerapkali terjadi kekeliruan pemahaman, yang nantinya berdampak pada perdebatan panjang tanpa henti.

Harus dipahami, bahwa peserta didik tidak akan bisa bertumbuh sepenuhnya secara "rohani", jika mereka tidak menumbuhkan juga aspek-aspek kehidupan lainnya—yaitu seperti pertumbuhan fisik, pertumbuhan intelektual, dan pertumbuhan emosional, pertumbuhan bahasa, serta pertumbuhan sosial.

Seseorang tidak bisa mengabaikan salah satu aspek tanpa membahayakan pertumbuhan peserta didik secara keseluruhan. Dan tidak seorang pun yang dapat bertumbuh di salah satu aspek saja, tanpa mempengaruhi semua aspek lainnya.

(Oleh Abdy Busthan)

Rujukan Buku:

Busthan Abdy (2017). Perkembangan Peserta Didik (hal 28-30). Kupang: Desna Live Ministry

Posting Komentar

[facebook][disqus]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget